Seminar Hasil Pemantauan Daerah Sebar OPT/OPTK Tahun 2012

Seminar Hasil Pemantauan dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2012 bertempat di Ruang Flora BBKP Soekarno Hatta, yang dihadiri oleh Kepala BBKP Soekarno Hatta, pejabat struktural dan  undangan nara sumber dari Pusat Karantina Tumbuhan Badan Karantina Pertanian dan Dinas Pertanian Kab. Lokasi Pemantauan, tim pemantauan serta  pejabat Fungsional  POPT BBKP Sokarno Hatta.

Pelakasanaan pemantauan OPT/OPTK  Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno Hatta (BBKP Soehatta) tahun 2012 dilaksanakan mulai pada tanggal 31 Mei – 9 Juni 2012 yang delakukan oleh  5 (lima) group pemantauan OPT/OPTK  dengan  5 lokasi yaitu Kabupaten Tangerang, Kab. Lebak, Kab. Pandeglang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.  Masing masing group terdiri atas 6 (enam) petugas Fungsional POPT  dengan target OPT/OPTK adalah 1) Erwinia carotovora subsp astroseptica; 2) Pantoea stewartii subsp stewartii; 3) Trogoderma granarium Evert. Dan OPT/OPTK lain pada tanaman unggulan di masing-masing Kabupaten Setempat.

Pemantauan tahap pertama adalah mengupulkan data informasi dengan mengunjungi kabupaten untuk memperoleh izin dan koordinasi lapangan dari Instansi Dinas Pertanian dan Perkebunan di 5 (lima) Kabupaten sehingga sasaran dan lokasi dapat ditentukan sesuai  target pest serta pendampingan oleh petugas dari Dinas Pertanian dan Perkebunan setempat.

Seminar ini bertujuan selain bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan, juga merupakan penyampaian hasil deteksi dan identifikasi OPT/OPTK hasil pemantauan pada 5 (lima) kabupaten dan kota di Propinsi Banten.  Dana alokasi pemantauan tahun 2012  adalah Rp. 78.215.000,- dan dana koleksi Rp. 14.500.000,-,  dana tersebut berkurang dari tahun sebelumnya.  Hasil diskusi seminar ini akan dibawa pada Seminar Pemantauan OPT/OPTK Nasional yang dilaksanakan oleh Pusat Karantina Tumbuhan Badan Karantina Pertanian pada bulan Oktober 2012 yang akan datang.

Dari hasil diskusi seminar pamantauan BBKP Soekarno Hatta dapat disimpulkan bahwa:

  1. Target Pest
    1. Erwinia carotovora subsp astroseptica (ECA)

ECA ditemukan positif pada Tanaman Caisin di Kecamatan Neglasari Kota Tangerang  Pemantauan dilakukan pada Tanggal 8-9 Juni 2012.

  1. Pantoea stewartii subsp stewartii

PS subsp. Stewartii ditemukan pada tanaman Jagung dan Tebu positif pada lokasi untuk Jagung di Desa Teluk Naga Timur, Kec. Teluk Naga, dan  Kelurahan Patra Menggala Kec. Kemiri.  Sedangkan Tanaman Tebu pada lokasi Positif di temukan di Kec. Paku Haji. Pemantauan dilakukan pada Tanggal 31 Mei – 1 Juni 2012.

PS stewartii juga ditemukan positif pada Kec. Warung Gunung Kab. Lebak pada tanaman Jagung yang pemantauan dilakukan pada tanggal 5-6 Juni 2012.

  1. Trogoderma granarium Evert

Tidak ditemukan di  lokasi pemantauan pada 5 kabupaten di Propinsi Banten.

 

  1. OPT/OPTK pada komoditas unggulan Setempat
    1. Clavibacter michiganensis subsp. michiganensis ditemukan positif pada tanaman cabe di Kec. Neglasari Kota Tangerang pada pelaksanaan tanggal  8-9 Juni 2012, metoda pengujian Serologi.  Demikian pula pada tanaman Cabe positif CMM pada Kec. Cibadak  Kab. Lebak pada tanggal 5-6 Juni 2012.

CMM juga ditemukan di Kec. Pandeglang Kab. Pandeglang pada Tanaman Cabe, Pemantauan dilaksanakan pada tanggal 1-2 Juni 2012.

  1. Banana Bunchy top nano virus positif pada tanaman Pisang di Kec. Neglasari Kota Tangerang pada pelaksanaan tanggal  8-9 Juni 2012, metoda pengujian Serologi.
  2. Pseudomonas syringae pv. lachrymans pada tanaman mentimun di Kec. Cibadak Kab. Lebak yang dilaksanakan tanggal 5-6 Juni 2010.

 

  1. Rekomendasi dan Tindak Lanjut
    1. Rekomendasi
      1. Penemuan positif dapat dilakukan uji konfirmasi khusus pada OPTK A1 Golongan 1 bila sampel arsip masih ada.
      2. Lokasi agar diperjelas dengan nama desa dan koordinat GPS
      3. Pengambilan sampel sesuai standar umum dan pertimbangan daerah pertanian perkotaan maupun daerah pertanian skala luas.
    2. Tindak Lanjut
      1. Informasi dan pelaporan disampaikan kepada Pusat untuk disampaikan pada seminar nasional pemantauan opt/optk.
      2. Informasi positif optk disampaikan kepada Dinas Pertanian Setempat.

OPTK  yang Positif  dapat ditindak lanjuti dangan Pemantauan Spesifik bila anggaran memungkinkan termasuk pengambilan ulang terhadap tanaman anggrek terhadap Tungau Brevipalpus sp. Ke sp californicus, pada Tanaman kamboja, adenium tungau Eutretranychus orientalis di desa Perigi lama Pondok Aren,  serta nematode pada daun bawang  Longidorus sp.  Ke elongatus.