FAQ

Cara Membawa Anjing/Kucing dari Luar Negeri

Membawa Anjing Ke Indonesia Harus Di Karantina?

Iya benar. Karantina wajib bagi setiap masuknya hewan dan produk hewan dari luar negeri

Apa Syaratnya Kalau Saya Ingin Membawa Pulang Ke Indonesia?

Hewan harus sehat dan tidak berasal dari daerah yang mewabah rabies dan penyakit lain yang berpotensi menularkan pada hewan di Indonesia.

Apa Dokumen Yang Dibutuhkan?

Dokumen yang dibutuhkan adalah sertifikat kesehatan hewan (health certificate) dari dokter hewan karantina / instansi berwenang dari negara asal. Selain itu dibutuhkan dokumen tambahan untuk memastikan hewan layak dan sesuai dengan yang tertulis dalam sertifkat.

Apa Saja Jenis Dokumen Tambahan Yang Dibutuhkan?

Ada beberapa dokumen yang dibutuhkan karantina, antara lain Surat persetujuan pemasukan (SPP) dari Dirjen peternakan dan kesehatan hewan, hasil uji test titer antibodi rabies (minimal titer 0,5 IU/ml), surat keterangan vaksinasi, dan riwayat kesehatan bila perlu.

Bila Sudah Lengkap Dokumen, Harus Bagaimana Lagi?

Kalau sudah lengkap, anda dapat terbang bersama hewan kesayangan anda ke Indonesia

Saat Tiba Di Jakarta, Apa Yang Harus Dilakukan?

Anda harus melapor kepada petugas karantina di bandara soekarno hatta agar dapat diperiksa kelengkapan dokumen dan kesehatan hewannya.

Apakah Saya Bisa Langsung Membawa Pulang Ke Rumah Hewan Saya?

Tidak bisa. Hewan anda harus di periksa lebih lanjut di instalasi karantina selama kurang lebih 14 hari. Dokter hewan karantina akan mengamati dan menguji kembali titer antibodi nya, apakah protektif atau tidak terhadap rabies.

Selama Karantina, Saya Boleh Menjenguk Hewan Saya?

Boleh. Anda dapat menjenguk selama hewan anda di karantina setiap hari kerja mulai jam 10.00-16.00 WIB.

Bagaimana Makanan Anjing Saya Selama Di Karantina?

Makanan hewan ada dapat sediakan sendiri, namun kami dapat membantu dengan menyediakan makanan selama masa karantina untuk memudahkan bagi anda.

Biaya Apa Saja Yang Harus Saya Keluarkan Selama Masa Karantina?

Biaya yang anda harus bayar sesuai dengan tarif penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 48 tahun 2012, meliputi biaya tindakan karantina dan pengujian laboratorium.

Oke. Bila Hewan Saya Sehat, Bolehkah Segera Saya Bawa Pulang?

Tentu boleh. Karantina akan menerbitkan sertifikat pelepasan (KH-12) sebagai tanda hewan anda sehat dan aman masuk ke wilayah RI.

Bila Ada Penyakit Rabies Atau Penyakit Lainnya Bagaimana?

Bila ditemukan penyakit rabies atau penyakit lainnya, maka hewan anda harus dimusnahkan atau diobati terlebih dahulu hingga sembuh apabila termasuk katagori penyakit yang dapat diobati.

Berarti Anjing Saya Dapat Lebih Lama Di Karantina?

Benar. Kami dapat memperpanjang masa karantina lebih dari 14 hari bila menurut pertimbangan dokter hewan karantina harus diobati.

Terima Kasih Informasinya. Kalau Saya Butuh Informasi Lebih Lanjut, Dimana Saya Bisa Peroleh?

Informasi lebih lanjut dapat diperoleh di kantor Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno Hatta di Bandara Internasional Soekarno Hatta, telp/fax. 021-5507931/5500623, via email ke info@karantinasoetta.deptan.go.id, atau buka website kami di www.karantinasoetta.deptan.go.id